Persiapan Pernikahan ~ lamaran

Hm…jujur, lamaran yang dilaksanakan kemarin (25 jan’10) sebenernya diluar rencana awal kita karena awalnya lamaran akan dilaksanakan petengahan tahun ini. Yah, mungkin benar jika kita punya niat baik, segala sesuatunya akan dipermudah oleh-Nya..

Kali ini aku tidak ingin membahas detail acara lamarannya ya :) Hanya ingin berbagi, bagi yang ingin melaksanakan Lamaran. Mungkin bagi sebagian orang, ada yang melaksanakan prosesi lamaran ini, mendekati hari H pernikahan. Adapula yang sudah dari jauh hari. Berhubung aku dan calon suamiku berasal dari kota/ pulau yang beda (baca:1 dihutan & 1 nya lagi  di kota ;) ) Jadinya, kita butuh waktu untuk mempersiapkan resepsi & pernikahannya, sehingga lamaran dilaksanakan beberapa bulan sebelumnya.

Adapun yang harus dipersiapkan sebelum melaksanakan lamaran:

1. Keyakinan

Sebagai seorang cewek, menurut aku wajar punya keraguan/ kekhawatiran-kekhawatiran, seperti bener gak sih dy jodoh kita? Bener gak sih dy imam yang baik buat diri kita, anak-anak kita kelak & keluarga kita?, bener gak sy dy akan membahagiakan serta tidak akan mengecewakan kita? ,dll. Hm…sebenernya hal ini bukan hanya dihadapi cewek lho… Tapi juga dihadapi oleh pasangannya. Kunci ketika menghadapi hal tersebut adalah perbanyak berdoa dan minta petunjuk serta meminta saran dari orang tua.  Setelah  yakin, silahkan lanjutkan ke tahap selanjutnya. Jangan sampai mengambil keputusan dalam ketidakyakinan, karena sekali kita melangkah, kita tidak mungkin bisa mundur. Tapi yang namanya perasaan, kadang naik dan kadang turun sehingga yang namanya keraguan juga bisa timbul kembali. Oleh karena itu, peran orang tua & sahabat sangat penting dalam hal ini. Dan yang terpenting kita harus tetap yakin bahwa pasangan kita adalah yang terbaik buat kita.

2. Menentukan Tanggal lamaran

Hm..berhubung kita berasal dari pulau yang beda :), sudah ditentukan beberapa bulan sebelumnya. Hal ini agar kedua keluarga bisa menyiapkan berapa lama harus ambil cuti :)

3.Budget & Rencana Pengeluaran

Lagi-lagi karena kita beda pulau (satu di kota & satu di hutan :) ), jadi kita udah nyiapin berapa besarnya dana yang akan dikeluarkan untuk prosesi ini. Yang perlu siapkan juga tabel perencanaan pengeluaran dana. Hal ini untuk mengantisipasi pengeluaran yang melebihi budget. Kalaupun melebihi budget, mungkin ada hal yang terlupa dimasukkan dalam list

4. Barang yang dibawa saat lamaran

Berhubung aku orang Jawa, jadinya menggunakan adat Jawa dalam hal hantaran lamaran. Gak seratus persen menggunakan adat jawa siy…tapi mendekatilah..secara sudah lama juga tinggal di Sumatera :)  Adapun barang yang dibawa seperti kosmetik, pakaian pernikahan, seperangkat alat salat, seperangkat pakaian yang dipakai hari-hari (termasuk daleman), tas, sendal, sepatu, cincin pernikahan, buah, kue, dll (banyak dech..:) ). Yang jelas, apapun yang diminta oleh wanitanya.. Nah, sebaiknya di list juga apa saja yang akan dibawa & dibeli untuk mempersiapkan lamaran ini.  Hal ini juga bisa jadi referensi budget yang akan dikeluarkan.

5. Tanggal Pernikahan

Sebaiknya sebelum lamaran, sudah disepakati dahulu tanggal pernikahannya, sehingga prosesi lamaran tidak terlalu lama.

Selain point diatas, mungkin masih banyak hal yang harus dipersiapkan lagi untuk ke tahap selanjutnya, yaitu akad dan resepsi.

Tunggu postinganku selanjutnya yach…untuk persiapan pernikahannya

Doakan semuanya lancar sampai dengan hari Hnya.. AMIN:)


About these ads

17 Comments »

  1. wulanekadalu said

    ayu, selamat ya, semoga lancar sampai hari H nanti walopun beda kota :D

  2. wahyu said

    hemm…
    wahyu doain smua sgala sesuatunya dapat berjalan dgn lancar dan sesuai dgn rencana..
    amin….
    ^_^

  3. arji said

    wah..udah lamaran yu?
    ckk,ckk…mantabh!

  4. ayu selamat yah… semoga lancar sampai hari H nya…..

    amiin

  5. dechan said

    congratz yaa lamarannya.. :)
    moga2 lancar sampe hari H
    yup bener bgt tu soal hal2 yg musti disiapkan sblm lamaran.. meskipun ga perlu terlalu ribet dulu kli y di acara ini.. ;)
    lamaran ini sbnrnya lbh ke arah prosesi “resmi” pertemuan 2 keluarga aja.. jd emang plg baik klo tgl udah ditetapkan, jd rentang antara lamaran dan hr H ga kejauhan.. jg.. biar lebih pasti bakal ada wedding.. hehe ;)

  6. Belle said

    salam kenal gan….wah selamat ya atas pernikahannya…mudah2an lancar semuanya. MAmpir juga ya ke blog ini http://www.my-weddingbelle.com mudah2an bermanfaat dijadikan inspirasi pernikahan…langsung cek tkp gan…:)

  7. Belle said

    salam kenal sis…selamat ya atas lamarannya…

    kapan2 mampir ke weddingbelle

  8. Niar said

    Met yUA. . MoGA Smw’a bjLN Baik

  9. dini said

    wah ikutan juga ah..slm kenal mbk.aku juga beda pulau sama cowokku jadi bingung gmn harus prepare ya…ada saran ga..?sebenarnya cowokku dah serahin aja ma aku tapi kok rasanya kurang sregg ya kalo ga di lewatin sama2…mhn saraannya ya mbk..

  10. dini said

    ada yang lupa..lebih susahnya lagi krn kita jarang ketmu 1 tahun sekali hehehe jadi…

    • mineayu said

      @ mbak Dini, emg calonnya dimana mbak?
      Ya, disiapin satu per satu aja. kapan cownya mbak dateng, ya disiapin..atau bagi tugas juga boleh,,secara sebenernya hal ini yang nyiapin dari pihak cowok..cuma sekarang ini, banyak diserahkan ke ceweknya, karena kedepannya dipake oleh cewnya..

      oya..salam kenal ya..:)

  11. semoga lancaaaaaarrrr……..amin

  12. mmm , kira” habis berapa lamaran kemarin ?

  13. mayang said

    makasih saranya :D

  14. anindya mega rani said

    Apa benar laki2 tdk boleh memakai cincin emas…menurut islam?

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: