Jalan-Jalan Ke Balikpapan


Update blog kali ini mengenai Liburan saya ke seberang  pulau ,alias Kalimantan. 🙂 Rencananya, saya & suami berencana mau idul adha bareng di Kalimantan tepatnya ‘ Sangatta’. Namun, karena satu dan lain hal, jadinya batal deh.  Karena tiket sudah dibeli, akhirnya plan berubah, jalan-jalannya hanya sampai ke Balipapan dan hanya 2 malam saja.

Hari Pertama

Sabtu 13 iNovember 2010 dengan jadwal pesawat jam 6.10 pagi. Asumsi pesawat Lion hari itu tidak telat. Dengan mata yang masih 5 watt akhirnya berangkat ke bandara jam 4 pagi dari Kosan. Nyampe di bandara sekitar jam 4.30..Tanpa adanya kemacetan kota Jakarta.  Sesampai di Bandara langsung check in sekalugus ngubah jadwal pulang, yang seharusnya pulang hari Rabu, diubah menjadi hari Senin pagi jam 6.45 WITA.. Jadi bisa sampai di JKT jam 1/2 8an jika tanpa delay 🙂 dan tentunya tanpa perlu cuti..hehehe.

Perjalanan ke Balikpapan lebih kurang hampir  2 jam. Ada perbedaan waktu antara JKT & BPN (seperti kata pramugarinya :)) jadi yang klo di JKT seharusnya masih jam 8 pagi, jadi di BPN nyampe jam 9 pagi…Mari kita foto dulu yak bandaranya.. 🙂

Sepinggan Balikpapan

Nah, selama di Balikpapan saya tinggal di MES temen yang kebetulan kerja di Bandara..Baru nyadar..gak sempet foto2..hehehe..

Setelah melepas lelas, alias tiduran..maklum kepagian datengnya :):).. Hari itu juga menyempatkan ke Kebun Sayur.. Yang merupakan pusat oleh2 / cendramata yang biasa di beli dari Balikpapan. Perjalanan ke sana membutuhkan waktu +/ 45 menit s/d 1 jam jika menggunakan kendaraan pribadi. Kalau naek angkutan umum, mungkin bisa lebih. Karena harus 3 kali ganti angkutan. Dan jangan terkecoh dengan namanya karena tidak ada penjual sayur2an di sana, yang ada penjual permata,kalung, gelang yang  terbuat dari batu2an,lampit dari rotan, sarung, dll.

Kebun Sayur Balikpapan
Kalung

Akhirnya saya beli beberapa jenis kalung, lampit serta sarung buat oleh2 dari Kebun sayur ini. (maaf gak ditampilin semua..abis gak sempet..hehehe).

Dan akhirnya, Hari pertama dihabiskan dengan ke Kebun sayur saja. Berhubung jauh dan masih capek. 🙂

Hari Kedua

Karena yang menjadi ciri khas di kota Balikpapan ini adalaah kepitingnya. Maka hari kedua ini targetnya adalah bisa makan kepiting. Namun karena hujan hampir setengah hari, akhirnya setelah salat zhuhur saya baru bisa keluar untuk jalan2, plus makan siang.. hehehe.. Setelah jalan2 muter2 Balikpapan selama lebih kurang 1-2 jam (muter2 Balikpapan Mall).. akhirnya mencoba kepiting Dandito, yang rekomendasi dari suami yang katanya enak..dengan harga yang lumayan…

Kepiting Saos lada Hitam

Setelah maka & kenyang,,,baru deh nyari oleh2 makanan.. kuku macan di toko2 oleh2 yang ada di sepanjang jalan.

Dan setelah itu, akhirnya hari terakhir diisi dengan ngobrol temen-temen yang baru dikenal…:)

Sekian dulu cerita jalan2-jalan kali ini, next time cerita jalan2 ke kota lainnya ya… 🙂

Comments (9)

Perbaiki Diri yuks dengan Dhuha


Hm,,rada sedih juga, gak dapet awal puasa karena alasan bulanan wanita, jadi belum berpuasa.. Tapi teteap, puasa tahun ini harus menjadikan diri ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Seperti pepatah mengatakan, Hari ini harus lebih baik dari Kemarin, dan masa yang akan datang, harus lebih baik dari sekarang.. Jadi, Mumpung masih suasana Ramadhan, perbaiki diri yuks… 🙂

Mengenai perbaiki diri, karena juga masih rajin2nya mempelajari Al Quran (mudah2an bisa tetap istiqomah), dan sedang mempelajari yang namanya Surah Ad-Dhuha.. Subhanallah.. Masya Allah… betapa luar biasa kandungan arti didalamnya.

Berikut terjemahannya:

Surah Ad- Dhuha,Surah ke 93, Quranul Karim,

  • [1] Demi waktu dhuha,
    [2] Dan malam apabila ia sunyi-sepi –
    [3] (Bahawa) Tuhanmu (wahai Muhammad) tidak meninggalkanmu, dan Ia tidak benci (kepadamu, sebagaimana yang dituduh oleh kaum musyrik).
    [4] Dan sesungguhnya kesudahan keaadaanmu adalah lebih baik bagimu daripada permulaannya.
    [5] Dan sesungguhnya Tuhanmu akan memberikanmu (kejayaan dan kebahagiaan di dunia dan di akhirat) sehingga engkau reda – berpuas hati.
    [6] Bukankah dia mendapati engkau yatim piatu, lalu la memberikan perlindungan?
    [7] Dan didapatiNya engkau mencari-cari (jalan yang benar), lalu Ia memberikan hidayah petunjuk (dengan wahyu – Al-Quran)?
    [8] Dan didapatiNya engkau miskin, lalu Ia memberikan kekayaan?
    [9] Oleh itu, adapun anak yatim maka janganlah engkau berlaku kasar terhadapnya,
    [10] Adapun orang yang meminta (bantuan pimpinan) maka janganlah engkau tengking herdik;
    [11] Adapun nikmat Tuhanmu, maka hendaklah engkau sebut-sebutkan (dan zahirkan) sebagai bersyukur kepadaNya
Hm…Jadi teringat Ibu dirumah, yang Alhamdulillah rajin melaksanakannya..sedangkan diriku 😦 masih suka libur dihari Sabtu-Minggu, hanya di hari Kerja saja. Hingga pernah suatu hari, Ibuku bertanya,’ Gak salat dhuha Yuk?’.. Diriku menjawab, ‘karena hari libur, gak dulu’..(sambil cenge2san)..Astaghfirullahal Azdhim…!! Ampunilah hambamu ini, Ya Allah.. Sepertinya sekarang harus memperbaiki diri. Dan Ya Allah,, diriku baru menyadari, walaupun ibuku seorang singer parents, tapi Alhamdulillah Allah telah menjamin bahwa Dia menjamin akan memberikan rezeki dengan cara yang tidak terduga2..
Dan dari Hadist, Nabi Muhammad SAW bersabda,
  • ‘Setiap ruas tulang dari seseorang di antara engkau semua itu harus ada sedekahnya pada saban pagi harinya, maka setiap sekali tahmid – bacaan Alhamdulillah – adalah sedekah, setiap sekali tahlil – bacaan La ilaha illallah – adalah sedekah, setiap sekali takbir -bacaan Allahu Akbar – adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, melarang kepada kemungkaran adalah sedekah dan yang sedemikian itu dapat dicukupi oleh dua rakaat yang dilakukan oleh seseorang dari Solat Dhuha.” (Riwayat Muslim)
Ternyata sambil menyelam minum air..Benar adanya, bahwa dengan mempelajari Al QUran, maka akan ada petunjuk didalamnya.. Alhamdulillah ya Allah, Engkau masih memberikan aku nikmat Iman, Islam serta hidayah dengan mempelajari Al-Quran dan Semoga Aku bisa tetap Istiqamah memperbaiki diri..
Selamat Berpuasa..
Mohon Maaf  lahir bathin ya..
JIka ada kesalahan & Kehilafan..
Semoga puasa kita diterima oleh-Nya
AMIN…

Comments (4)

Pasar Tasik


Hai-hai..kembali menulis lagi :D..setelah lama gak nulis..(lebay:mode ON).  Kali ini saya pengen sharing mengenai  kunjungan ke pasar Tasik yaitu Pasar murah yang banyak menjual perlengkapan baju muslimah yang pedagangnya datang langsung dari Tasik.

Sedikit info: Pasar Tasik ini buka  setiap Senin dan Kamis, katanya Sabtu juga buka. dari setelah subuh atau sekitar jam 1/2 6 sampai jam 10.

Karena penasaran, bangun pagi-pagi..naek ojek ke belakang Grand Indo.. Banyak orang (termasuk Ojek) yang terkadang bingung kalau dibilang pasar Tasik. Berdasarkan info, pasar Tasik ini terletak dibelakang Hotel Indonesia. Akhirnya saya bisa sampai juga setelah nanya-nanya ke orang-orang di sekitar Grand Indo.Nah, ternyata  pasar tasik ini letaknya di lantai dasar JACC yang baru akan ramai setiap hari Senin, Kamis dan Sabtu. Gawat!! ini  semua akibat penasaran, dan ingin mencari mukena bagus seharga Rp 150 yang dijual ditanah abang seharga 250 (gak pake kurang :()..

Sesampai disana, you know what!! Jadi bingung, mo beli apa ya.. Banyak Banget penjual2 baju, mukena, kebaya, dan jilbab..Tambahan info: kalau mau beli mukena atau jilbab ini dalam berbentuk kodian (min 1/2 kodi lah). Kalau untuk pakaiannya sendiri bisa dibeli satuan, hanya saja kalau beli min 3 lumayan jadi lebih murah lho ..:)

Hua..Jadi berpikiran Lumayan, buat hadiah lebaran:) Dari pada memberikan duit lebaran, yang mungkin 100 ribu cuma bisa dibuat apa di kampung halaman, kan lebih baik diberi hadiah mukena/baju ..nilainya tentu akan berbeda dengan harga yang lebih murah:)

Sekian dulu aja ya sharingnya..




Comments (2)

Mullah Nasruddin~ Kisah-kisah Bijak Legendaris


Jalan-jalan ke toko buku nemu buku menarik.. Mullah Nasruddin ..merupakan kumpulah kisah-kisah bijak legendaris…Penerbit PINUS

Menurut kata pengantar 🙂 Mullah Nasruddin adalah sebuah nama yang akan selalu dikenang dalam dongeng dan cerita rakyat di dunia Arab. Bahkan, tokoh ini diklam oleh 3 negara sekaligus, yaitu Afganistan, Iran dan Turki.

Sifat dari Nasruddin ini tidak hanya digambarkan sebagai seorang bodoh yang terpelajar, tapi bisa juga sebagai seorang bijaksana, tergantung dari setiap orang yang akan menilainya setelah membaca kisah-kisahnya.

Salah satu cerita yang menarik..mengenai ‘Jodoh’

Suatu hari, seorang teman Nasruddin bertanya, “mengapa sampai sekarang kamu belum menikah??

Nasruddin menjawab, “Begini, saya menghabiskan seluruh hidup saya untuk mendapatkan wanita yang sempurna. Saya pernah bertemu dengan wanita yang cerdas, tapi hatinya tidak baik. Saya pernah bertemu wanita yang baik, tapi kami tidak cocok. Setiap saya bertemu seseorang wanita sepertinya kami bisa cocok, tapi rasanya ada saja yang kurang. Kemudian suatu hari saya bertemu seorang wanita cantik, cerdas, dan baik hati. Kami sangat cocok dan dia sangat sempurna.”

Kata teman Nasruddin, “Kalau begitu, apa yang terjadi? Mengapa kamu tidak menikahinya?”

Nasruddin menjawab. “Karena…sepertinya dia mencari pria yang sempurna”

Terkadang kita terlalu sibuk mencari kesempurnaan, tanpa menyadari, untuk mencapai kesempurnaan itu apakah kita sudah cukup sempurna.

Yang jelas, dari cerita ini sepertinya banyak hal yang dapat diperoleh dan tergantung dari cara pandang orang yang membacanya…Selamat membaca 🙂

Comments (4)

Az Zukhruf


Novel ini memiliki judul Az- Zukhruf yang berarti perhiasan.

Karangan           : Mira D. Lazuba

Terbit                  : Januari 2010

Tebal Halaman: 270 hal

Penerbit             : Garailmu

Sebuah novel religius yang akan membuat diri kita berani memilih dan membuat pilihan. Kisah  saudara sekandung (kakak-beradik) yang telah dewasa dalam menemukan serta menentukan pilihan hidupnya.

Zukhruf, Nabila, Fatih dan SIva adalah saudara sekandung yang telah merambah dewasa namun belum menemukan tambatan hatinya. Zukhruf yang baru saja menyelesaikan kuliahnya di Malaysia dan kembali ke kampung halamannya yang akhirnya bertemu dengan teman kecilnya Faruq yang kini begitu berbeda.  Faruq yang dahulunya merupakan keluarga terpandang, namun kini hanya seorang buruh tani dan pengjaga pesantren.

Ditengah uji kesabarannya membantu keluarga Faruq, Zukhruf masih harus berhadapan dengan perubahan sikap kakaknya, Nabila. Semua diawali oleh pertemuan dirinya dengan seorang ustadz muda, yang begitu bersahaja.

Belum lagi, tersingkap sebuah tabir rahasia mengapa Fatih, yang masih memutuskan untuk melajang di usianya yang sudah 30 tahun. Juga tentang sikap Nabila ketika akhirnya menerima sebuah lamaran yang sungguh bukan dari orang yang diharapkannya.

Sementara ia sendiri, Zukhruf, kian kuat terseret arus jebakan dua cinta..yang akhirnya menyebabkan ia harus berani memilih…


Comments (5)

Bumi Cinta


Hm..siapa yang tidak ‘kenal’ dengan Habiburrahman El Shirazy yang dikenal akrab dengan panggilan Kang Abik??  Tentu saja orang-orang yang ‘kenal’ tersebut adalah orang-orang yang tahu dan tentunya mengikuti karya-karya (seperti saya tentunya :)). Yang dengan karyanya membangun jiwa sehingga lebih tenang dan kembali mengingat jalan-Nya


Kali ini akhirnya bisa beli cetakan pertama..hehehe…Buku yang berjudul Bumi Cinta memiliki tebal halaman 546 dan latar belakang Rusia. Merupakan hasil tadabbur Kang Abik (yang diambil dari bukunya ..:)) Q.S Al Anfal ayat 45-47, sesungguhnya merupakan kunci kemenangan orang-orang yang beriman, manakala menghadapi musuh yang berat. Musuh itu bermacam-macam, yang salah satunya hawa nafsu, dalam bentuk harta, tahta(kekuasaan) dan wanita serta lingkungan yang tidak mendukung.

Yang jelas, dari buku ini tersimpan hikmah untuk meraih kemenangan dari Musuh-musuh-Nya, yaitu dengan cara:

1. Berteguh Hatilah dan sebutlah nama Allah dan Rasul-Nya sebanyak-banyaknya.

2. Taatlah kepada Allah dan Rasulnya dan janganlah kamu berbantah-bantahan

3. Bersabarlah

4. Janganlah Kamu menjadi seperti orang-orang yang keluar dari kampungnya dengan rasa angkuh dengan maksud ria kepada manusia serta menghalangi (orang ) dari jalan Allah.

Semoga saya termasuk golongan yang meraih kemenangan:)

AMIN…


Comments (1)

When You Love Someone – Endah Feat Rhesa


I love you but it’s not so easy to make you here with me
I wanna touch and hold you forever
But you’re still in my dream
And I can’t stand to wait ‘till nite is coming to my life
But I still have a time to break a silence

When you love someone
Just be brave to say that you want him to be with you
When you hold your love
Don’t ever let it go
Or you will loose your chance
To make your dreams come true…

I used to hide and watch you from a distance and i knew you realized
I was looking for a time to get closer at least to say… “hello”
And I can’t stand to wait your love is coming to my life
When you love someone
Just be brave to say that you want him to be with you
When you hold your love
Don’t ever let it go
Or you will loose your chance
To make your dreams come true…

And I never thought that I’m so strong
I stuck on you and wait so long
But when love comes it can’t be wrong
Don’t ever give up just try and try to get what you want
Cause love will find the way….
When you love someone
Just be brave to say that you want him to be with you
When you hold your love
Don’t ever let it go
Or you will loose your chance
To make your dreams come true…

nice song 🙂


Leave a Comment

Older Posts »